Thursday, June 13, 2013

Berawal dari Magang, Wanita Muda Sukses Jadi Assistant Vice President


Banyak karyawan kantoran yang sudah kerja bertahun-tahun tapi sulit naik jabatan. Tidak demikian dengan wanita berumur 31 tahun, Poppy Nirmala Dewi. Ia mendapatkan promosi jabatan setiap 1,5 tahun sekali sehingga kini bisa menjabat sebagai Assistant Vice Presdient di bank Singapura terkemuka.

Saat diwawancarai wolipop melalui telepon, Poppy berbagi pengalaman mengenai perjalanan kariernya selama delapan tahun usai menyelesaikan pendidikan. Tidak mudah menempati posisi saat ini mengingat usianya yang lebih muda daripada rekan kerja seprofesinya.

"Kalau delapan tahun bekerja untuk posisi yang sekarang sebenarnya terbilang cepat karena normalnya 10 sampai 12 tahun pengalaman baru bisa," jelas Poppy kepada wolipop, Rabu (09/01/2013).

Poppy mengawali karier dengan magang di sebuah perusahaan consumer finance Jakarta pada 2004 selama enam bulan. Kemudian ia bekerja di salah satu bank Inggris ternama sebagai officer. Kinerja serta tanggung jawab wanita yang hobi baca buku ini membuat kariernya menanjak dengan cepat.

Ia diangkat menjadi asisten manajer setelah 1,5 tahun bekerja dan pada 2008, ia telah menjabat sebagai manajer di bank yang sama. Prestasi Poppy ternyata dilirik oleh salah satu bank nasional. Ia kemudian memutuskan bergabung dengan bank tersebut untuk menduduki posisi senior manager.

Poppy belajar banyak hal serta berusaha menjadi pribadi yang semakin baik. Setelah 1,5 tahun bekerja, ia kembali mendapat tawaran menarik dari bank Singapura terkemuka di dunia. Akhirnya ia memutuskan pindah untuk meneruskan karier di bank tersebut.

"Dari (bank Inggris) ke (bank nasional) memang dapat promote, kalau dari (bank nasional) ke (bank Singapura) karena offer yang lebih bagus," papar wanita yang mengambil gelar masternya di Universitas Indonesia itu.

Ternyata kepindahan Poppy dari bank nasional ke perusahaan Singapura yang bergerak di bidang perbankan itu tidak mudah. Ia sempat ditahan, tapi dengan segala hormat Poppy berusaha mengundurkan diri baik-baik. Keluarnya Poppy dari bank tersebut lantas tidak membuat hubungan pertemanan dengan rekan kerja timnya dulu menjadi jauh. Mereka tetap berhubungan baik hingga saat ini.

"Waktu mau pindah dari (bank nasional) sempat ditahan cuma aku bilang tetap mau pindah, tapi sampai sekarang kita masih berhubungan baik sama tim di sana," ujar Poppy menjelaskan.

Awalnya, ia menjabat sebagai senior manager di bank Singapura. Setelah lebih dari satu tahun bekerja, Poppy dipromosikan menjadi Assistant Vice President pada awal 2012. Ia tentu sangat bangga dapat menempati posisi cukup tinggi di perusahaan asing dalam waktu singkat. Promosi jabatan yang diperoleh bukan karena ia mengajukan diri, tapi memang dipilih oleh perusahaan.

"Setiap 6 bulan ada nominasi siapa saja yang berpotensi, kalau berpotensi mereka akan di-review. setiap bagian akan ada nominate, dari semua itu akan dinilai 360 derajat review, siapa yang paling oke itu yang akan naik promosi," jelas Poppy.

Promosi atau naik posisi itu dipertimbangkan berdasarkan review perusahaan. Review tersebut tidak hanya dinilai dari apresiasinya dalam menguntungkan perusahaan secara financial, tapi juga harus bisa menaikkan citra perusahaan.

Poppy menegaskan, selain prestasi yang dihasilkan, seorang karyawan juga harus bisa menjaga tingkah laku serta menjalin hubungan baik dengan rekan lainnya. Sikap seseorang dalam bekerja sama dengan orang lain juga akan mempengaruhi jabatan di perusahaan.






 


"Benar-benar bisa menempatkan diri di posisi yang tepat, attitude juga berpengaruh sih. Kalau orang yang pintar tapi attitude-nya jelek nggak akan di promote. Dia harus great result dan good attitude," tandas wanita yang hobi yoga dan belanja itu.

Setelah naik jabatan pun Poppy menyarankan supaya tetap menjaga sikap karena biasanya ada saja rekan lain yang tidak suka. Mereka seperti itu karena merasa 'kalah' dengan Poppy yang baru 1,5 tahun sudah menduduki posisi tersebut. Poppy pun tidak mau terlalu pusing memikirkannya. Ia lebih memilih mengabaikan mereka yang tidak suka daripada harus menanggapinya.

Di posisi saat ini, Poppy merasakan perbedaan yang cukup signifikan daripada sebelumnya. Selain tanggung jawab tambah banyak, sikap dan emosionalnya pun harus lebih dijaga. Di samping itu, ia juga berbagi tips sukses naik jabatan.

Bagi karyawan yang ingin mudah mendapatkan promosi jabatan, wanita kelahiran 4 juni 1981 ini memberikan saran agar punya networking yang luas serta tidak malu berbicara di hadapan banyak orang.

"Dia harus rajin, harus punya networking yang oke, proaktif dan punya inisiatif, dan yang paling penting sih dia nggak malu untuk berbicara pendapatnya. Dia harus bisa speak," saran Poppy diakhir perbincangan dengan wolipop.

sumber | edan77.blogspot.com | http://wolipop.detik.com/read/2013/01/11/090029/2139216/1133/berawal-dari-magang-wanita-muda-sukses-jadi-assistant-vice-president?991104topnews

No comments:

Post a Comment